Kamis, 01 Desember 2011

PERAN PMR MULA DALAM DONOR DARAH



          Walau kamu masih sekolah di bangku SD tapi kamu bisa berperan dalam kegiatan donor darah lho?
Contohnya :
  1. Karena kamu udah dapat materi tentang apa itu Transfusi Darah? Donor Darah itu apa? Jadi kamu bisa memberikan informasi secara langsung kepada orang terdekat di sekitarmu, seperti orang tua, paman, kakak dan tetangga yang ada disekitar lingkungan keluarga kamu.
  2. Bahkan dari kamu memberikan informasi secara langsung tadi, kamu ajak juga dong mereka untuk menjadi pendonor darah, untuk kepentingan kemanusiaan juga kan?
  3. Kamu yang suka atau punya hobi menulis dan menggambar, bisa membuat majalah dinding (mading) sebagai tempat dimana kamu bisa menginformasikan tentang donor darah, jangan lupa menempatkan mading yang kamu buat harus mudah dilihat orang lain.
  4. Yang gemar menggambar pasti jagi dong membuat gambar poster, jadi buat aja poster tentang donor darah.


Dari contoh di atas jelas walau kamu masih SD, tapi kamu juga bisa berperankan? dan kalo masih belum merasa pe-de buat memberikan informasi, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa memperjelas contoh diatas tadi

  1. Menginformasikan langsung, sebenarnya ini adalah cara termudah buat kamu mengajak orang disekitarmu untuk menjadi donor darah.
Caranya : pada saat orang tua atau seluruh keluarga kamu sedang bersantai di ruang tamu atau dirumah, cobalah kamu menanyakan pada orang tua atau kakak kamu yang sudah memenuhi syarat untuk jadi pendonor, apakah mereka sudah pernah mendonorkan darahnya?
Kalo mereka belum pernah mendonorkan darahnya, coba kamu kasih tahu tentang manfaat dari donor darah yang meliputi :
    1. Kita dapat beramal sholeh tanpa pamrih kepada sesama
    2. Tambahan dari materi donor darah ya?

  1. Membuat Mading, sebagai media informasi yang bisa di buat di sekolah kamu, caranya pun sangat mudah, Cuma daya kreatifitas kamu yang harus lebih diperhatikan agar majalah dinding kamu menjadi menarik untuk di lihat dan dibaca oleh teman – teman dan orang disekitarnya.
Sediakan bahan – bahan sebelum membuat mading seperti :
    1. Papan Mading (stereo foam, tripleks atau papan sisa – sisa)
    2. Kertas warna – warni sebagai penghias mading kamu
    3. Alat tulis, seperti pensil warna, spidol, gunting, lem, cutter, dan bahan lain sesuai kreatifitas kamu.

Untuk isi dari majalah dinding kamu bisa mengacu pada buku donor darah,seperti :
a.       Menjelaskan tentang donor darah
b.      Apa manfaat donor darah?
c.       Menyebutkan macam golongan darah
d.      Gali ide kamu sebanyak – banyaknya tentang donor darah
 atau juga bisa dari buku pengetahuan, majalah, koran dan internet yang ada hubungannya dengan donor darah

  1. Poster, juga merupakan salah satu media buat kita bisa menginformasikan apa yang ingin kita sampaikan kepada orang banyak, karena poster itu gambar yang berisi pesan. Karena kita akan menyampaikan pesan tentang donor darah maka poster yang akan kita buat juga harus mengandung pesan donor darah, misal: ayo jadi donor darah sukarela, setetes darahmu menyelamatkan jiwa dan lain – lain, tapi jangan lupa buat gambar yang menarik juga biar orang ingin menjadi pendonor darah ya?
Untuk membuat poster donor darah, yang harus kamu siapin cukup sederhana, seperti : Alat gambar (spidol, pastes, cat air, crayon,dll), kertas gambar,
Sedangkan tema yang mau kamu ambil juga harus lebih kreatif ya, makanya gali terus ide – ide kamu untuk membuat poster yang menarik.

  1. Membuat cerita bergambar atau komik tentang donor darah, nah ini kalo ada dari kamu yang suka baca komik dan menggambar komik, kenapa tidak kembangin ketrampilan kamu dalam membuat komik, dengan membuat komik tentang donor darah, alat yang digunakan pun sangat sederhana dan pasti ada di sekitarmu seperti alat gambar (pensil gambar, spidol, crayon, pastel, cat air dan lain – lain) dan jangan lupa juga kertas buat kamu gambar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar